Tuesday, April 9, 2019

Melindungi software dan dokumen dari infeksi virus






Hello sobat, siapa disini yang mengingikan dokumen atau softwarenya terjangkit oleh virus ? tentunya tidak ada kan, seperti yang di ketahui virus adalah momok berbaya baca juga bahaya virus komputer bagi perangkat komputer kita, karena sangat-sangat mengganggu, bisa saja kalo virus itu sangat kuat, perangkat kita tidak dapat proses masuk ke system OS, nahhh mengerikan juga kan, maka dari itu kita perlu memberi pengaman pada perangkat komputer kita agar tidak terjangkit oleh virus.
Baik, kali ini teknodangkal akan sharingkan apa saja sih yang perlu kita perhatikan untuk memberi pengaman pada perangkat komputer, agar komputer kita dapat terlindungi dari terinfeksi virus jahat (serem juga ya virus, tidak kelihatan aja udah mengerikan, hehehe).

Yang pertama yang harus kita perhatikan adalah :

  1. Perangkat komputer kita apakah sudah terinstall anti virus atau tidak ?  seperti Smadav, Avast dan lain-lain.
  2. Pastikan anti virus selalu aktif.
  3. Apakah dengan sekali mengingtall anti virus perangkat kita sudah aman ? dari pengalaman pribadi, itu hanya memberi keamanan 50% saja, karena kalo sudah menginstall anti virus dan anti virus tersebut tidak di update jika sudah ada pembaharuannya, maka sama saja perangkat komputer kita belum dapat terhindar oleh virus sepenuhnya, maka dari itu kita harus mengupdate antivirus agar memperbaharui systemnya dalam menolak virus-virus baru.
  4. Selain itu, jangan sembarangan colok flashdisk, misal kita ke warnet dan mencolokkan flashdisk kita di perangkat komputer di warnet dan setelah dari warnet kita langsung mencolokkan flashdisk kita yang sebelumnya di gunakan diwarnet ke perangkat computer kita, nahh itu sebenarnya tidak masalah, yang masalahnya ketika tidak di scan ketika perangkat flashdisk kita di colokkan ke perangkat komputer kita. Maka dari itu perlu discan terlebih dahulu menggunakan anti virus yang kita miliki agar terhindar dari terinfeksi virus.
  5. Dan yang terakhir adalah  menambahkan RAR (archive file) pada dokumen, software yang kita anggap penting, kenapa menambahkan RAR, kan untuk mengarsipkan dan mengkompress file lebih kecil kapasitasnya ? sesuai pengalaman dan dari beberapa artikel yang di baca, RAR juga dapat melindungi dokumen dan software kita dari infeksi  virus walapun tidak 100% .

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat-sobat yang sedang menghadapi masalah dokumen atau software yang sering terinfeksi virus.
salam teknodangkal.blogspot.com

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat tips dan tricknya
    Virus memang jadi malah terbesar saat orang bicara berkas dan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar banget, jadi sebelum terinfeksi virus alangkah baiknya kita menghendari dan mengantisipasi agar tidak terkena,
      terima kasih sudah berkunjung semoga dapat bermaafat bagi teman-teman

      Delete